Cara Membuat Bisnis Plan Agar Berjalan Lancar

Membuat Bisnis Plan Agar Bisnis Tidak Gagal

Sebagai seseorang yang akan memulai sebuah bisnis, apakah Anda sudah membuat rencana bisnis atau business plan ?

Untuk memulai sebuah bisnis tentu membutuhkan perencanaan yang matang. Tanpa perencanaan, Anda tidak akan tahu ke mana arah bisnis karena menjalankannya tanpa tujuan yang jelas.

 

Sebetulnya apa itu rencana bisnis atau business plan ?

Pengertian rencana bisnis adalah suatu pernyataan tertulis yang berisi maksud dan tujuan yang ingin dicapai dari sebuah bisnis. Selain itu, rencana bisnis juga mencakup target jangka pendek, menengah, dan panjang, bagaimana cara Anda untuk mencapai tujuan tersebut, termasuk solusi terhadap kendala yang muncul nantinya, serta lainnya.

Rencana Bisnis atau (business plan) merupakan dasar menjalankan sebuah bisnis agar bisa berjalan dengan baik. Rencana tersebut digunakan sebagai acuan dalam pengambilan keputusan demi kemajuan bisnis yang dijalani. Bisnis plan harus memuat visi dan misi sebuah bisnis agar bisa berjalan sesuai dengan rencana awal. Banyak pengusaha yang mengalami perubahan bisnis karena tidak memiliki rencana bisnis yang jelas. Oleh karena itu, sebelum menjalankan bisnis, Anda harus membuat bisnis plan

Tapi tahukah Anda bahwa membuat rencana bisnis tidak mudah. Banyak orang gagal total menyusun rencana bisnis tersebut. Dalam hal ini, sebagian orang lebih percaya bahwa untuk memulai sebuah bisnis, ya dengan menjalankannya saja tanpa perlu tetek bengek rencana bisnis.

Oleh karena itu, sebelum menjalankan bisnis, Anda harus membuat bisnis plan yang jelas dan singkat. Untuk membantu Anda membuat business plan yang baik, Anda perlu memperhatikan langkah sukses berikut ini.

 

Kenali Bisnis yang Anda Jalankan

Langkah pertama sebelum membuat sebuah bisnis plan adalah mengenali bisnis tersebut. Anda perlu benar-benar memahami bagaimana bisnis tersebut berjalan, dalam bidang apa bisnis tersebut, apa jenisnya, dan bagaimana menjalankannya. Anda juga perlu mengetahui kekuatan dan kelemahan bisnis yang Anda jalani tersebut. Jika sudah benar-benar mengenali bisnis, Anda bisa dengan mudah membuat bisnis plan dan tentunya dapat dengan mudah menjalankan bisnis tersebut sehingga bisa menjadi pengusaha yang sukses.

 

Membuat Bisnis Lebih Fokus dan Terarah

Rencana bisnis akan membuat Anda lebih fokus dan terarah saat menjalankan bisnis. Dengan begitu, tujuan Anda merintis bisnis akan tercapai sesuai target yang telah ditetapkan. Bisnis Anda dapat berkembang dengan baik.

 

Buatlah Rencana Bisnis Optimis Tapi Realistis

Dalam menyusun rencana bisnis, Anda harus tetap optimistis bahwa bisnis yang Anda rintis akan berhasil. Menetapkan target yang realistis dan terukur sehingga bisnis dapat dijalankan dengan baik. Jangan terlalu ambisius atau muluk, yang pada akhirnya menggunakan segala cara untuk mencapainya. Selamat mencoba

 

Buatlah Ringkasan Secara Detail

Meskipun Anda hanya perlu membuat ringkasan, Anda tetap harus detail dalam membuatnya. Dalam sebuah bisnis plan harus memuat kejelasan bisnis, produk apa yang dijual, cara memproduksi produk tersebut, dan bagaimana pangsa pasarnya. Selain itu, Anda juga harus menulis bagaimana cara memasarkan produk tersebut sehingga mendapatkan uang dan bagaimana manajemen bisnisnya. Berapa banyak tim yang Anda butuhkan, akankah tim besar atau tim kecil. Tidak kalah penting juga Anda perlu membuat analisis pemasaran, produk, manajemen, dan analisis keuangan untuk ditulis dalam bisnis plan. Dengan semua analisis tersebut diharapkan bisnis dapat berjalan sesuai rencana dan tentunya bisa semakin berkembang.

 

Membuat Visi dan Misi

Visi dan misi sangat penting dalam pendirian sebuah organisasi, baik organisasi bisnis maupun lainnya. Oleh karena itu, agar Anda sukses menyusun bisnis plan, Anda harus membuat visi dan misi untuk bisnis tersebut. Visi merupakan tujuan jangka panjang dari sebuah bisnis yang akan dijalani dan harus bisa dicapai. Sedangkan, misi merupakan tujuan jangka pendek yang harus dilalui perusahaan untuk mencapai visi. Anda perlu membuat visi dan misi dengan tetap dan tentunya yang sesuai dengan bisnis yang Anda jalani. Dengan demikian bisnis plan bisa sesuai dengan tujuan perusahaan yang ingindicapai. Janganlah mengubah visi dan misi yang telah dibuat sejak awal, namun ubahlah cara kerja bisnis Anda agar sesuai dengan visi dan misi tersebut.

 

Miliki Sikap Teliti

Dalam membuat sebuah bisnis plan, Anda sebagai pengusaha harus selalu memiliki sikap teliti dalam semua hal. Ketelitian sangat penting untuk berdirinya sebuah perusahaan, termasuk dalam penulisan rencana bisnis. Bisnis plan yang ditulis dengan teliti dan tidak tergesa-gesa akan menghasilkan sesuatu yang pasti dan tidak akan menimbulkan berbagai pertanyaan oleh semua tim pelaku bisnis

 

Nah, setelah membaca artikel ini, tentunya Anda sudah punya sedikit gambaran tentang bagaimana membuat bisnis plan. Walaupun Anda masih pemula, jangan pernah takut bersaing karena akan selalu ada ceruk yang bisa dimanfaatkan. Tentukan jenis bisnis yang sesuai dengan kemampuan dan minat Anda, lakukan sekarang, lakukan dengan serius.

Kalau teman teman masih bingung untuk memulainya, teman teman bisa mengikuti workshop / pelatihan langsung yang nantinya akan dipandu oleh ahlinya. Kebetulan disini kami  menyediakan acara acara workshop tersebut, semua penjelasan diatas ada dalam workshop  dan masih banyak ilmu yang bisa anda dapatkan dari para ahlinya.

Bila teman teman ingin info lebih lanjut atau ingin mengikuti workshop / pelatihan bisa kunjungi link yang ada dibawah ini. Tenang saja tidak usah khawatir dengan biaya, ada diskon diskon bahkan dorprize yang bisa anda dapatkan dan aman terpercaya. bit.ly/2HIyxlH atau juga bisa WA +62 891-115-09346.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *