Panduan Marketing Online Untuk Belajar Bisnis

Panduan Marketing Online Untuk Belajar Bisnis

Belajar Bisnis Dengan Marketing Online

Marketing Online atau pemasaran online adalah segala aktivitas atau usaha pemasaran produk atau jasa melalui atau menggunakan media internet. Meski begitu, secara strategi, marketing online lebih sering dimanfaatkan sebagai langkah awal dalam membangun reputasi sebuah usaha. Banyak orang menggunakan marketing online sebagai strategi untuk memperkenalkan nama mereka kepada publik.

Memasuki tahun 2019, tren marketing online banyak berubah dan menuntut strategi terbaru untuk mengatasi permasalahan-permasalahan dalam pemasaran. Hal ini terjadi karena masyarakat mulai teredukasi dengan baik terhadap channel-channel marketing yang, sekaligus juga demand mereka yang semakin tinggi. Menanggapi hal ini, kamu nggak perlu bingung karena perkembangan teknologi sekarang ini makin membantu para marketing, bahkan untuk kamu yang baru ingin memulai.

Dalam menggunakan marketing online, suatu perusahaan bisa membangun reputasinya dengan menjadi aktif di social media. Banyak calon konsumen menggunakan internet untuk mencari informasi. Dengan memanfaatkan medium internet, sebuah perusahaan bisa memperkenalkan nama mereka kepada publik dan mendorong calon konsumen untuk mencari informasi lebih lanjut tentang perusahaan tersebut.

Ada berbagai strategi yang bisa Anda lakukan dalam marketing online. Tetapi yang perlu diperhatikan adalah cara-cara untuk memasarkan bisnis Anda dalam marketing online berbeda dengan advertising. Strategi marketing online lebih fokus untuk mempromosikan nama bisnis Anda secara halus agar tidak terlihat seperti sedang mengiklankan bisnis Anda.  Karena kebanyakan marketing online bersifat personal dan sering disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan konsumen, strategi ini sendiri juga sering digunakan untuk membangun hubungan dan koneksi antara sebuah bisnis dengan konsumen mereka.

 

Konsep Dasar Marketing Online

Online marketing atau marketing online adalah sebuah upaya untuk memasarkan sebuah produk atau jasa melalui channel digital dan media online. Sekarang ini ada banyak sekali jalan yang bisa ditempuh, misalnya memasarkan melalui website, media sosial, aplikasi, lapak online, email, dan lain-lain. Berbagai jalan ini pun bisa saling diintegerasikan untuk memperluas pangsa pasar.

 

Strategi marketing online

Fokus kepada konsumen

Marketing selalu dimulai dengan konsumen. Dalam bisnis apapun, konsumen harus selalu menjadi prioritas. Anda harus bisa memastikan bahwa Anda mengetahui dan mengerti apa yang konsumen kalian ingin dan butuhkan. Anda bisa memulai dengan menanyakan beberapa pertanyaan seputar bagaimana konsumen Anda pertama menemukan brand Anda dan bagaimana pengalaman mereka dengan brand Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuat buyer persona. Secara singkat, buyer persona adalah karakter yang Anda bayangkan atau bayangkanlah konsumen ideal Anda. Untuk membuat buyer persona, Anda bisa memulai dengan memikirkan umur, pendidikan, bidang pekerjaan mereka, dan lain-lainnya serta apa yang mereka ingin dan butuhkan dari produk atau jasa Anda.

Jika Anda sudah memahami pola pikir konsumen, Anda bisa membuat sebuah diagram yang disebut dengan conversion funnel. Conversion funnel merupakan salah satu konsep penting dalam marketing online. Bentuk funnel sendiri bisa berbeda-beda, tergantung dengan kebutuhan.

Conversion funnel sendiri merupakan pengembangan dari AIDA model atau juga dikenal sebagai purchase funnel, yang merupakan bagian dari marketing tradisional. Anda bisa melihat AIDA model di diagram bawah ini.

Awareness – Konsumen menyadari atau mengetahui adanya suatu jenis produk atau jasa.

Interest – Konsumen mulai menunjukkan ketertarikan kepada produk atau jasa tersebut.

Desire – Konsumen mulai memiliki keinginan untuk membeli produk atau jasa tersebut.

Action – Konsumen mengambil langkah selanjutnya untuk membeli produk atau membayar jasa.

Dari AIDA model di atas, barulah terbentuk conversion funnel untuk marketing online. Conversion funnel memiliki bentuk yang berbeda-beda, tergantung dengan keperluan sebuah perusahaan. Salah satu contoh dari conversion funnel adalah diagram di bawah ini:

 

conversion-funnel

Awareness – Pada tahap awal, konsumen menyadari atau mengetahui adanya suatu jenis produk atau jasa.

Consideration – Di tahap ini, konsumen menunjukkan ketertarikan kepada produk dan jasa yang bisnis Anda tawarkan dan mulai berpikir untuk membelinya

Conversion – Ini merupakan tahap yang penting dimana konsumen yang tadinya hanyalah calon konsumen atau potential consumer akhirnya membeli dari bisnis Anda, menjadi mereka sebagai konsumen Anda. Ini bisa dilakukan dengan memberi informasi kepada mereka agar mengenal produk atau jasa Anda lebih dalam.

Loyalty – Di tahap ini, konsumen diharapkan menjadi pelanggan setia dari bisnis Anda setelah

Advocacy – Pada tahap ini, konsumen diharapkan memberi tahu orang lain mengenai produk atau jasa Anda sehingga semakin banyak orang yang tertarik untuk membeli dari Anda.

 

Gunakan affiliate marketing

Mungkin ada yang sudah pernah mendengar tentang affiliate marketing. Affiliate marketing sendiri merupakan model bisnis internet yang cukup populer. Definisinya adalah sebuah proses pemasaran di Internet dimana seseorang menjual produk-produk milik orang lain. Jika terjadi penjualan, maka orang tersebut akan mendapatkan komisi yang besarnya ditentukan oleh pemilik produk.

Jika Anda memutuskan untuk mengaplikasikan affiliate marketing, Anda tidak perlu khawatir. Anda hanya perlu memberikan komisi kepada orang yang membantu menjualkan produk Anda jika ada yang membeli produk tersebut melalui orang itu. Intinya, Anda hanya akan mengeluarkan orang jika Anda menerima uang.

Agar orang-orang mau bergabung dengan program affiliates Anda, pastikan bahwa proses untuk bergabung dalam program Anda tidak rumit. Perlakukan affiliates Anda selayaknya business partner Anda. Pada dasarnya, Anda bekerja sama dengan mereka untuk mencapai tujuan yang sama yaitu menjual produk atau jasa Anda.

 

Gunakan email marketing untuk berhubungan langsung secara lebih personal dengan konsumen

Dari semua strategi marketing online, email marketing merupakan strategi yang paling personal. Hampir semua orang memiliki kebiasaan untuk memeriksa inbox email mereka hampir setiap saat. Ini membuat email marketing menjadi salah satu strategi terkuat di marketing online.

Email marketing adalah cara lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan audience dan konsumen. Anda bisa mengirim email sebulan sekali atau seminggu sekali, memberi ringkasan tentang hal-hal exciting apa yang terjadi di bisnis Anda dalam seminggu atau sebulan terakhir.

Sebelum Anda mengirim email tentu Anda perlu memiliki email list. Bagaimana cara menambah email di email list Anda? Anda bisa memanfaatkan strategi content marketing yang disebutkan di atas untuk mengundang orang-orang ke website Anda dan membuat mereka tertarik untuk berlangganan email dari website Anda.

Kendala yang mungkin dihadapi adalah banyak orang yang mengabaikan sebuah email karena dianggap spam atau subjek dari email tersebut kurang menarik. Untuk itu, dalam menggunakan email sebagai strategi marketing, Anda perlu memperhatikan tiga hal; konten, relevansi, dan nilai dari email tersebut.

Subjek dari sebuah email adalah hal pertama yang dibaca oleh penerima email Anda. Maka dari itu, Anda harus memastikan bahwa subjek email Anda menarik sehingga penerima akan lebih tertarik untuk membuka email Anda tersebut. Meski begitu, ingat juga untuk memberi subjek email yang sesuai dengan isi konten email Anda.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah pengiriman email. Bayangkan jika Anda harus mengirim ribuan email ke marketing list Anda. Terdengar ribet, bukan? Gunakanlah marketing automation software. Secara singkat, marketing automation adalah software dan teknologi yang digunakan untuk mempermudah marketing di berbagai platform online seperti email, social media, website, dll. Anda bisa menjadwalkan kapan Anda mau mengirim email Anda sehingga Anda tidak perlu mengirim ribuan email secara manual.

Email marketing memberi kesempatan kepada Anda untuk fokus kepada pengalaman konsumen dengan brand Anda. Email anda juga diharapkan bisa membuat penerima email untuk menjadi konsumen setia Anda. Isi dari email Anda bisa digunakan untuk berbagi isi content marketing Anda sehingga di saat bersamaan, Anda juga membangun hubungan dengan penerima email.

 

Coba gunakan pay-per-click marketing

Pay-per-click (PPC) marketing adalah ketika Anda membayar setiap kali iklan Anda yang muncul di mesin pencari atau search engine diklik. Pada intinya, Anda membeli traffic website Anda melalui iklan yang dipasang di hasil penelusuran mesin pencari. Setiap iklan tersebut diklik, Anda akan membayar mesin pencari. Untuk menjalankan PPC sendiri anda harus melakukan riset dan memilih keyword yang tepat. Setelah itu, Anda harus menggunakan keyword tersebut dan memilih PPC landing pages yang akan membuat pengunjung tertarik dengan produk atau jasa Anda.

Jika Anda ingin mencoba menggunakan metode ini, Anda harus berhati-hati mengenai strategi yang Anda ambil karena metode ini membutuhkan uang. Ada baiknya Anda mengeluarkan uang dalam jumlah kecil sebelum Anda mulai memberikan budget besar untuk melakukan strategi ini.

 

Optimasi SEO website Anda

Mungkin Anda sudah sangat sering mendengar tentang optimasi SEO sampai Anda bosan. Tetapi SEO merupakan hal yang penting dan berpengaruh dalam online marketing. Anda tidak mungkin membahas online marketing tanpa membicarakan SEO.

Dalam online marketing, pastikan bahwa SEO dan user experience Anda selaras. Pada dasarnya user experience berpengaruh besar pada SEO Anda. Saat ini, mesin pencari seperti Google dan Bing mempercayai konsumen. User experience merupakan faktor yang membantu search engine untuk menentukan apakah website Anda akan muncul di halaman pertama atau tidak. Jadi pastikan bahwa pengunjung tidak akan mengalami masalah saat mengunjungi website Anda.

Dalam mengoptimasi SEO, jangan lupa untuk memperhatikan bagian teknikal dari SEO dan tidak hanya memperhatikan strategi-strateginya saja. Bayangkan SEO sebagai penghubung antara Anda dan search engine, untuk memberitahu mereka bahwa website Anda memiliki konten berkualitas untuk keyword tertentu.

Content marketing merupakan bagian besar dari SEO. Jangan lupa untuk membuat konten yang menarik, dalam berbagai jenis content marketing seperti yang sudah disebutkan di atas. Jika Anda ingin tips lebih banyak mengenai optimasi SEO.

 

Kesimpulan

Online marketing cukup mudah dilakukan ketika kita memiliki goal yang telah ditentukan sejak awal. Dengan pengerjaan sederhana dan minim budget pun sebenarnya masih bisa melakukan online marketing yang menguntungkan. Asalkan menjalankan strategi-strategi yang sudah ditentukan sebelumnya.

Nah, setelah membaca artikel ini, tentunya Anda sudah punya sedikit gambaran tentang bagaimana cara bisnis online yang menguntungkan. Walaupun Anda masih pemula, jangan pernah takut bersaing karena akan selalu ada ceruk yang bisa dimanfaatkan di bisnis online. Tentukan jenis bisnis online yang sesuai dengan kemampuan dan minat Anda, lakukan sekarang, lakukan dengan serius.

Kalau teman teman masih bingung untuk memulainya, teman teman bisa mengikuti workshop / pelatihan langsung yang nantinya akan dipandu oleh ahlinya. Kebetulan disini kami Digital Optimasi Academy (DOA) menyediakan acara acara workshop tersebut, semua penjelasan diatas ada dalam workshop  dan masih banyak ilmu yang bisa anda dapatkan dari para ahlinya.

Bila teman teman ingin info lebih lanjut atau ingin mengikuti workshop / pelatihan bisa kunjungi link yang ada dibawah ini. Tenang saja tidak usah khawatir dengan biaya, ada diskon diskon bahkan dorprize yang bisa anda dapatkan dan aman terpercaya. bit.ly/2HIyxlH atau juga bisa WA +62 891-115-09346

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *